You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarmanik
Desa Mekarmanik

Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang Disitus Webset Resmi Desa Mekarmanik Situs Resmi Webset Desa Mekarmanik Jaga Jarak dan Sering Mencuci Tangan Dengan Sabun Serta Air Mengalir -- selengkapnya...

DOSEN MENGABDI: MENDORONG DAYA SAING PETANI KOPI LEWAT TEKNOLOGI PERTANIAN

Administrator 06 Maret 2024 Dibaca 171 Kali
DOSEN MENGABDI: MENDORONG DAYA SAING PETANI KOPI LEWAT TEKNOLOGI PERTANIAN

Tim kluster yang terdiri dari dosen Fakultas Ekonomi dan bisnis kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Kegiatan pengabdian kali ini menyasar kelompok tani kopi yang berada pada salah satu dusun di desa Mekarmanik. Komoditi kopi merupakan satu diantara beberapa produk unggulan kebun yang dihasilkan dari kawasan desa Mekarmanik. Lahan pekebunan kopi dikembangkan diatas lahan milik salah satu perusahaan negara. Masyarakat desa terbagi dalam beberapa kelompok tani termasuk Tiwikrama Mukti yang menekuni kegiatan budidaya tanaman kopi. Tim pengabdian bersama kelompok tani Tiwikrama Mukti melaksanakan kegiatan pengabdian pada di Oray Tapa salah satu kawasan wisata yang terdapat di desa Mekarmanik. Pada kesempatan ini, tim pengabdian memberikan seperangkat peralatan mesin pemotong rumput dan gunting ranting bagi anggota kelompok tani. Peralatan mesin diserahkan langsung oleh tim pengabdian yang terdiri dari dosen fakultas ekonomi dan bisnis Yniversitas Widyatama kepada ketua kelompok tani. Pada kesempatan yang sama penyerahan bantuan tersebut ikut disaksikan oleh Bapak Nanang Suryana selaku Kepala Desa Mekarmanik. Kepala Desa Mekarmanik berharap peralatan mesin yang diterima oleh kelompok tani dapat digunakan sebaik mungkin untuk mengolah lahan perkebunan kopi, ujarnya dalam sambutan. Pada kesempatan yang sama, ketua tim pengabdian menyampaikan bahwa meskipun bantuan yang diberikan memiliki nilai yang tidak begitu besar namun besar harapan dapat sedikit membantu petani dalam mengolah lahan perkebunan kopi. Masih dalam suasana sama, pemanfaatan peralatan mesin pemotong rumput diharapkan dapat meningkatkan kualitas tanaman kopi, ujar ketua tim pengabdian.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image