You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarmanik
Desa Mekarmanik

Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang Disitus Webset Resmi Desa Mekarmanik Situs Resmi Webset Desa Mekarmanik Jaga Jarak dan Sering Mencuci Tangan Dengan Sabun Serta Air Mengalir -- selengkapnya...

AKSI NYATA KARANG TARUNA MENDIRIKAN RUMAH BELAJAR MASYARAKAT SATRIA SUNDA SAKTI

Administrator 09 September 2021 Dibaca 213 Kali
AKSI NYATA KARANG TARUNA MENDIRIKAN RUMAH BELAJAR MASYARAKAT SATRIA SUNDA SAKTI

   Alfin adalah ketua Karang Taruna desa Mekarmanik, awalnya ia menjabat sebagai sekretaris , hanya saja karena ketuanya mengundurkan diri, ia naik jabatan sebagai ketua Karang Taruna yang baru.

  Selain aktif di kegiatan desa iapun memiliki aktivitas lainnya di luar yakni ia menjabat sebagai ketua PAC IPNU Kecamatan Cimenyan , Ketua Senat STIE Gema Widya Bangsa, dan Ketua DPC Satria Sunda Sakti Bandung.

  Sebagai kepala yang baru, ia mulai menyusun program dan strategi untuk menggali potensi yang ada di desanya. Ia mulai keliling dan melakukan pemetaan secara umum di desanya.

  Kemudian setelah mengidentifikasi masalah yang ada. Saat ini problematika masyarakat  desa Mekarmanik secara umum ialah pendidikan dan hilangnya budaya dan tradisi lama. Sebagai aktivis sosial dan budaya, Ia melakukan inisiatif membuka Rumah belajar masyarakat Satria Sunda Sakti untuk warga desa Mekarmanik dengan melibatkan 6 anggota karang taruna yang aktif sebagai pengajarnya. Lokasi mengajarnya di sanggar senam RW 16. Meski baru berjalan 2 minggu kegiatan belajar mengajar anak cukup efektif.

  Karena kegiatan ini masih tahap merintis dan baru dimulai. Penggerak lokal dan patriot bersinergi bersama anggota satria sunda sakti  dan karang taruna untuk membangun Rumah belajar masyarakat di titik-titik yang lain di desa Mekarmanik, turut serta mengajar, mencoba menjadikan RW 09 sebagai kampung budaya, mengenalkan kaulinan baheula serta membangun publikasi dampak kegiatan RBM melalui Youtube.

Oleh: Megandini Al Fiqri-Patriot Desa Mekarmanik

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image